pengobatan saraf terjepit



                  Nyeri tulang belakang bisa menyerang bagian manapun seperti nyeri tulang belakang bagian bawah atau nyeri tulang belakang bagian leher. Selama ini kita jarang memperhatikan kesehatan tulang belakang, padahal tulang belakang memiliki peranan yang penting dan memilik sistem syaraf dan tulang yang komplek. umumnya terapi pijat sebagai solusi sementara untuk pengobatan nyeri tulang belakang. 

Namun sakit tulang belakang bagian bawah bisa jadi di karenakan HNP (Hernia Nuclei Pulposi) masyarakat menyebutnya Saraf Terjepit. 

Sakit pada leher / leher pegal yang menetap  walau kita sudah mencari cara menghilangkan sakit leher atau melakukan cara menyembuhkan sakit leher dengan pijatan atau sudah minum obat penghilang rasa nyeri namun rasa sakit itu masih saja belum hilang mungkin penyebab leher sakit di karenakan dislokasi tulang atau  Subluxation cervical



Penyebab Saraf Terjepit  : 
  • Melakukan gerakan statis
  • Trauma benturan
  • Gaya hidup
  • Pekerjaan (cara duduk yang salah, Menyetir mobil terlalu lama)
  • Arthritis
  • Osteoporosis
Resiko terkena saraf terjepit  akan semakin meningkat seiring dari bertambahnya usia  dan poses penyembuhanya pun akan semakin lambat, tentu dengan bertambahnya usia  maka akan bertambahnya  resiko saraf terjepit di tulang belakang.

Pengobatan saraf terjepit:
Meskipun saraf terjepit bukan penyakit berbahaya atau menimbulkan kematian tapi  sakit syaraf terjepit akan mengganggu aktifitas dan bisa menimbulkan kelumpuhan jika tidak di tangani dengan baik dalam jangka panjang.

beberapa hal yang bisa dilakukan untuk diri sendiri:
  • Istirahat total
  • Menurunkan berat badan
  • menghindari mengangkat benda berat dengan cara  membungkuk seperti mengangkat air galon
  • memakai korset 
  • melakukan senam yoga
  • berenang
  • pijatan ringan
  • memperbaiki postur tubuh saat duduk atau berdiri
  • menghindari dari terjatuh 
  • menghindari olah raga yang berat seperti bermain bola, bela diri , dll
  • memberikan Analgesik (penghilang rasa sakit) di perlukan jika nyeri sakit sangat mengganggu

Saat ini banyak cara untuk mengobati saraf terjepit. Tindakan medis seperti operasi dan  fisioterapi bisa di lakukan, namun Pembedahan Operasi saraf terjepit memiliki resiko yang tinggi. banyak tindakan non bedah bisa di lakukan untuk mengobati saraf terjepit. Terapi yang di lakukan di klinik kami adalah pilihan yang tepat , selain tanpa obat dan terhindar dari operasi, kami memberikan terapi langsung ke sumber masalahnya. terapi yang kami lakukan diantaranya :

  • Koreksi Tulang belakang spesifik (chiropractic) dan non spesifik (yumaiho) Tujuan dari koreksi tulang agar aliran darah dan sistem syaraf bekerja dengan lancar dengan memperbaiki tulang belakang. sehingga tubuh menjadi sehat.
  • terapi gravitasi, adalah bagian dari Traction terapi yang berguna untuk menggembalikan bantalan tulang belakang yang keluar (HNP). di klinik totok syaraf terapi Traction di lakukan untuk penyakit HNP. 
  • DRY CUPPING adalah tindakan terapi yang multi guna, selain untuk tindakan reposisi jaringan pendukung tulang, detoksifikasi internal antar jaringan, juga pengaktifan neurotransmiter pada sistem syaraf.  Tindakannya akan mengembalikan elastisitas pada otot sekaligus pada pembuluh darah hingga syaraf.
    Fungsi DRY CUPPING merupakan Pemulihan fungsi jaringan bukan hanya dengan meregenerasi sel ataupun tindakan detoksifikasi saja, tetapi pembenahan fungsional secara fisik. Restrukturisasi jaringan pendukung tulang belakang, secara spesifik, terarah, akan mengkondisionalkan fungsi organ tubuh dengan lebih baik. (Dr. Prapti & Teguh Gunawan ).
Untuk mengetahui lebih lengkapnya terapi apa saja yang kami berikan untuk pengobatan syaraf terjepit, anda bisa membaca artikel Terapi Kami
Beberapa hal yang perlu di perhatikan tentang obat-obatan baik medis maupun tradisional, bahwa obat obatan berfungsi sebagai pereda nyeri dan  tidak bisa menyembuhkan secara permanen saraf terjepit, karena saraf terjepit bukan di sebabkan oleh gangguan metabolisme tubuh namun di sebabkan oleh gangguan tulang belakang seperti bantalan tulang belakang yang keluar.
Tanda panah biru menggambarkan bantalan tulang belakang keluar menyebabkan saraf terjepit. 




57 Komentar untuk "pengobatan saraf terjepit"

  1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Waalaikumsalam Warohmatullahi Wabarakatuh, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, Semoga kurban dan ibadah yang kita lakukan hari ini dapat kembali mensucikan hati dan diri kita dari segala dosa yang telah kita lakukan selama ini, Sobat Muslim. Amin.

      Hapus
  2. assalamualaikum wr. Wb.
    saya mau tanya pak, kira-kira dibutuhkan berapa kali terapi agar tubuh penderita HNP bisa kembali seperti semula? apa faktor usia penderita HNP juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan? selain renang dan yoga adakah alternatif olahraga lainnya?
    terimakasih

    BalasHapus
  3. assalamualaikum wr. Wb.
    saya mau tanya pak, kira-kira dibutuhkan berapa kali terapi agar tubuh penderita HNP bisa kembali seperti semula? apa faktor usia penderita HNP juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan? selain renang dan yoga adakah alternatif olahraga lainnya?
    terimakasih

    BalasHapus
  4. 1.Pertanyaan berapa kali terapi agar HNP bisa kembali sembuh sama dengan pertanyaan berapa kali pakai obat oles kalpanax agar panu bisa sembuh, dalam hal panu tentu yang perlu di perhatikan seberapa banyak panu yang ada di kulit dan seberapa besar panunya, dan juga seberapa besar perhatian penderita panu dalam hal menjaga kesehatanya, begitu juga dengan HNP, berat badan,Usia, gaya hidup, pekerjaan,kondisi disk atau bantalan yang keluar dan sikap gerak tubuh sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam pengobatan HNP.
    2.selain renang dan yoga adakah ada olahraga yang lain? jika renang dan olahraga dan bahkan di anjurkan oleh kedokteran untuk pemulihan HNP, untuk apa cari olahraga yang lain?

    BalasHapus
  5. waktu SLTP atau 12 tahun yg lalu saya pernah jatuh dari sepeda saat melakukan jumping dan sejak saat itu saya sering asma, sesak nafas, dan tekanan darah tinggi; apakah ini tanda saya terkena penyakit HNP ? berapa kali terapi penyembuhannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih mengetahui anda terkena HNP atau hanya dislokasi tulang belakang anda bisa foto MRI atau untuk langkah awalnya bisa dengan rontgen. yang menjadi fokus saya adalah trauma yang anda alami sudah lama dan pada saat penting pertumbuhan. Pengobatan chiropractic akan melihat hubung­an antara sistem syaraf dengan semua sistem dalam tubuh. Terutama persendian dan otot di sekitar tulang belakang, termasuk otot, organ tubuh,dan sistem syaraf keseluruhan.
      Kesehatan optimal diper­oleh dari sistem syaraf yang berfungsi dan bekerja 100%. Namun, sesuatu hal dapat menghalangi dan mengganggu sistem syaraf bekerja secara maksimum. Kondisi ini disebut dislokasi atau subluxation
      Gejala yang biasanya muncul adalah rasa sakit (nyeri), mati rasa, kesemutan, sakit kepala, dan otot yang tegang. semoga bermanfaat

      Hapus

  6. Assalamu'alaikum.Wr.Wb
    Sebagian besar kalau penyakit syaraf terjepit diperiksakan ke dokter malah diberi obat yang banyak, padahal diatas sudah dikatakan kalau obat tidak banyak membantu. jika salah satu bagian kaki (betis) sudah berat untuk berjalan (sprti kesemutan shg berjalan tidak tegap lg) apakah yang bisa dilakukan? apakah itu sudah menginjak syaraf terjepit parah atau gmna? jika iya bagaimana cara mengatasi'y??
    mengingat sudah berobat ke dokter dan pengobatan tradisional tp blm jg smbuh..
    mohon solusinya..trmksh.
    wassalamu'alaikum. Wr. Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat yang di berikan oleh dokter hanyalah obat pereda rasa sakit see pain killer yang memberikan kamuflase rasa nyaman, untuk sementara, nanti jika obatnya sudah habis, rasa sakit itu datang kembali,,,KEsemutan Pada kaki atau rasa sakit pada kaki bukan sumber penyakit, itu adalah suatu akibat dari sebab,, sumber masalahnya ada di tulang belakang. syaraf terjepit di punggung umumnya di sebabkan oleh HNP, untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan dengan dokter syaraf dan foto MRI, untuk mengetahui seberapa keluar disk atau bantalan tulang yang menekan syaraf,,,dan syaraf terjepit tidak bisa di obati dengan minum obat tradisional, selain OPERASI untuk memanipulasi disk , cara lain untuk diri sendiri adalah senam yoga dan renang,, untuk terapinya satu satunya jalan adalah traksi atau penarikan tulang belakang, datang saja ke totok syaraf . semoga bermanfaat,,,,

      Hapus
  7. Assalamualaikum,maaf pak saya mau tanya sudah 1 bulan ini saya mengalami nyeri pada tulang ekor dan bokong terasa pegal.sudah akupuntur dan ke dokter tapi tidak ad perubahan.apakah saya mengalami syaraf kejepit?mohon bantuannya pak.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam,Sciatica dalam masyarakat indonesia di kenal dengan sakit nyeri pinggang dan pegal linu atau saraf terjepit, di sebabkan oleh terkompresi atau tertekannya syaraf di tulang belakang. ini di sebabkan oleh banyak faktor seperti duduk yang terlalu lama, gaya hidup, pekerjaan, aktifitas yang berat dan juga karena terjatuh. Rasa sakit dapat dirasakan pada kaki kanan, kiri, pantat, maupun bagian punggung. Selain rasa sakit, dalam banyak kasus parah, terjadi perasaan mati rasa, lemah otot, sakit seperti ditusuk jarum ataupun kesulitan untuk menggerakkan salah satu atau kedua kaki. Rasa sakit akan terasa semakin kuat pada cuaca dingin. untuk lebih jelasnya anda bisa konsultasikan dengan dokter syaraf dan foto MRI, untuk terapi silahkan datang ke totok syaraf.semoga membantu

      Hapus
  8. bagaimana cara pengobatan saraf kaki yang terjepit????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang cukup data, seperti sudah berapa lama, di sebabkan oleh apa, gejala yag di rasa apa saja, kaki sebelah mana, apakah di paha atau ujung kaki, dll

      Hapus
  9. ,saya sudah menjalani pijat syaraf dan pergi ke dokter tapi tidak ada hasilnya kaki saya masih skit sudah hampir 2 tahun in saya mnderita ,,
    bagaimana cara pengobatanya ???
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saraf terjepit tidak bisa di pijat, sakit yang bapak rasa di kaki bukan sumber penakitnya di kaki, saraf terjepit bersumber dari tulang belakang, tepatnya bantalan tulang yang menonjol keluar menghimpit saraf. untuk lebih jelasna silahkan foto MRI. untuk terapi silahkan datang ke totok syaraf

      Hapus
  10. ASS. saya theo dri krawang,sya mnderita sakit d daerah pinggang hingga paha.kaki kiri dan kanan 3 jarinya ba'al.juga saya tidak bisa jinjit,dan betis tidak ada tenaganya..
    pertanyaan saya,saya sbenarnya sakit apa..?dan apa yang harus saya lakukan agar dapat sembuh kembali..?terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam, Untuk mengetahui penyebab penyakit theo, anda bisa foto roungen atau MRI , dari foto tersebut bisa di ketahui tentang kondisi tulang belakang, Gejala yang di kemukaan, bisa jadi di sebabkan oleh penyakit saraf terjepit, semoga membantu.

      Hapus
  11. Kalau mau datang, alamat klinik nya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat lengkap klinik totok saraf, pengobatan saraf terjepit adalah : Jl. sungai landak No 18 cilincing , Jakarta Utara. Depan Kantor Kecamatan Cilincing, Phone 441 4383

      Hapus
    2. alamat totok syaraf sudah pindah ke Jl. kayu putih tengah 4b no 3 rt 006/07 pulo gadung jakarta timur, untuk info silahkan telp. ke 081318731684

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum Wr.Wb,,,,pak ibu saya sering banget mengalami tulang belakang,,,dari punggung hingga pinggang,,,dan kesemutan, pegal linu,,,setelah ibu saya jatuh dari motor,,dan nampak membengkok serta benjolan tulang yg tidak rata/bergeser. Saya kasihan banget,,, di masa sepuhnya mengalami seperti ini,,,kira2 apa yang di derita ibu saya ini, apakah sudah masuk dalam kategori syaraf kejepit atau apa,,,dan penanganannya bagaimana ya pak? Tapi ibu saya tinggal di kampung, Banyuwangi Jawa Timur. Terima kasih informasinya. Nanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam, Saya turut prihatin tentang kondisi ibunda Nanda, Saraf terjepit bisa di akibatkan oleh Trauma benturan , bisa di akibatkan terjatuh atau kecelakaan, Benturan yang keras mengakibatkan subluxation tulang belakang atau bergesernya ruas tulang belakang dan mengkompresi atau menghimpit saraf di sekitarnya (saraf terjepit) Untuk pengobatan saraf terjepit yang ibunda Nanda derita harus hat hati mengingat usia dan keadaan tulang yang tidak sekuat pada usia muda. Terapi akupunktur dengan pemanasan infrared bisa membantu mengatasi nyerinya, untuk tulang belakang yang subluxation bisa di terapi chiropractic dan traksi tulang belakang. Semoga membantu

      Hapus
  13. assalamualikum,,,
    Pak saya dulu pernah kecelakaan dan tulang belakang saya terbentur sangat kerasm hingga retak dan terjadi penyempitan antar dua ruas tulang tersebut, sekarang sudah 6 tahun dan saya rasa tidak kunjung sembuh untuk rasa sakitnya, malah sekarang beberapa ruas di bawah tulang yang retak itu muncul benjolan lunak seperti gel, saya pun mulai sering saki-sakitan disemua tulang pada tubuh ini, apalagi dibagian bawah dengkul,terasa sangat sakit apabila tersentuh ataupun berjalan, sempat waktu itu hampir 2 bln ibu jari kaki saya terasa baal,apakah penyakit yang saya derita itu?
    dan bagaimana cara penyembuhanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam,chiropractic mempercayai adanya hubungan antara suatu penyakit dengan perubahan posisi tulang belakang .dengan memperbaiki posisi tulang belakang sebagaimana mestinya, diharapkan keluhan-keluhan yang dirasakan akan membaik dan berangsur hilang.
      dislokasi tulang belakang terjadi karena:

      1. cidera saat berolah raga

      2. benturan karena kecelakan berkendaraan

      3. terjatuh.
      Jadi jika kondisi Julia tidak di obati dengan tepat, akan bertambah buruk dan bisa mengakibatkan kelumpuhan. Semoga Membantu

      Hapus
  14. Iya.. Kok ga dijawab pertanyaan diatas. ALAMAT praktek dmn ya? Mohon yg tahu, sms kan alamat ke 0816.426.1330
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Anda Buka website ini dengan menggunakan PC atau komputer , maka terlihat sangat jelas link Alamat totok syaraf.

      Hapus
  15. Iya.. Kok ga dijawab pertanyaan diatas. ALAMAT praktek dmn ya? Mohon yg tahu, sms kan alamat ke 0816.426.1330
    Thx

    BalasHapus
  16. sya sdh x-ray, dan sah kena syaraf terjepit, betis kaki kanan hingga mata kaki kanan terasa tebal, mungkin akibat dari rasa nyeri di pinggang kanan,klu berjalan pincang krn pinggang sangat sakit, dan betis hingga tumit kaki kanan sangat ngilu....
    dengan keadaan saya yg demikian berapa lama saya perlu menjalani terapi di klinik totok syaraf, mengingat saat ini saya tinggal di sabah malaysia, dan mohon informasi alamat klinik totok syaraf dan no telpon yg bisa di hubungi, atau bisa hubungu saya / sms ke 00160145555584...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Berapa lama terapinya, Disini saya memberikan Terapi Pengobatan Saraf Terjepit dengan teknik chiropractic, akupunkture dan Traksi tulang serta terapi Gravitasi, bukan sedang bermain tebak tebakan, Berapa lamanya mesti di lihat dari kondisi anda, Kondisi Tulang belakang anda, Usia anda serta berat badan anda. Untuk kaki dan betis yang sakit dan nyeri bisa di bantu dengan senam yoga , pilates, stretching, serta Renang.

      Hapus
  17. Assalamualaikum. saya mempunyai seorang teman sewaktu kecil umur 12 thn jtuh dri phon jmbu kmudian disambut oleh akar jmbu tsb tepat kna pnggang blkang hingga luka, krna ekonmi krang dy gx bsa k dkter hnya mmakan obt2 biasa sja, skrng dy sdah brumur 27 thn nmpak prbhan pda kkinya yg tdk bsa brdri nrmal, dan brjlan sprti orng smpoyongan, apkh msih bsa d obti ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejadiannya sudah 15 tahun yang lalu, kemungkinan tulang belakangnya sudah mengalami perubahan yang abnormal, karena ketika jatuh ,tulang belakangnya tidak di betulkan, untuk terapi coba berjalan di dalam air yang tingginya sepinggang , ini untuk menguatkan otot kaki dan pinggulnya. semoga membantu

      Hapus
  18. mudah"n kita selalu diberi kesehatan sob
    makasih infonya sob

    BalasHapus
  19. Selamat siang, numpang tanya, dari semalam sy merasa perih di paha dan pantat sebelah kiri. Pagi ini berlanjut sampe ke betis dan kaki sebelah kiri. Apakah penyebabnya saraf terjepit ?

    BalasHapus
  20. Saya sudah di x ray kata doktet penyempitan tulang belakang, sy sudah traksi dan di sinar, yg ingin sy tanyakan bolehkan dirumah sy bantu dg rengen atau menggantung dengan tangan...?

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum wr.wb, pak ibu saya mengalami sakit pada bagian pinggang paha sampai kaki. Rasa nyaa sangat nyeri udah lama sakit ini di rasa kan, cuma baru ini yg paling sakit dan tidak sembuh2. Waktu di periksa ke dokter kata nyaa tidak ada masalah apa2, memang gaak ada bengkak atau pun merah. Tapi kalau untuk gerak atau berjalan sakit . Mohon di bantu di beri solusi yaa pak saya tidak tega melihat ibu saya kesakitan. Terima kasih pak

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Assalamuaikum mohon infonya .bapa saya usia 58 th sudah 6 bulan bapa saya terdiagnosa saraf kejepit. Hasil MRI mengatakan saraf kejepit di bagian leher tapi tidak ada kluhan di lehe. Yg ada keluhan dipinggang dan sudah 6 bulan tidak bisa berdiri apa lagi jalan. Selama ini sudah berganti ganti cara therapy sampai terakhir yg paling rutn terapy pijat tapi masih blm sembuh. Apakah ini sudah termasuk lumpuh permanen atau bukan? kira kira berapa lama bisa sembuh lagi?. Dan therapy apa yg baik untuk dilkukan ?. Terima kasih

    BalasHapus
  24. Assalmu'alaikum, ibu saya 46th mengalami syaraf kejepit tidak bisa berdiri bahkan duduk, until merubah posisi tidur pun butuh waktu lama dengan menahan sakit yang hebat, ada jasa penyembuhan syaraf untuk d panggil kerumah ?? Setelah dirasa mampu untuk berjalan atw minimal duduk akan di rujuk k RS/ pusat terapi.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum tahun 2014 saya mengalami kecelakaan hingga tangan kiri saya susah digerakan kecuali jari kiri saya masih bisa digerakan dan bahu saya lepas dari sendinya (dislokasi). Saya sudah berobat kesana kemari tetap saja tidak bisa sampai ke RS pun tak ada tindakan. lalu bisa kah ditempat pengobat ini menangani penyakit saya?

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum tahun 2014 saya mengalami kecelakaan hingga tangan kiri saya susah digerakan kecuali jari kiri saya masih bisa digerakan dan bahu saya lepas dari sendinya (dislokasi). Saya sudah berobat kesana kemari tetap saja tidak bisa sampai ke RS pun tak ada tindakan. lalu bisa kah ditempat pengobat ini menangani penyakit saya?

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum gan saya rani usia 24 tahun, sewaktu usia 20 tahun saya pernah jatuh dalam posisi duduk. semenjak saat itu bagian tulang blkang bawah sering nyeri. kadang gabisa nunduk. bagaimana terapi untuk mengembalikan seperti semula. apakah ada? terimakasih

    BalasHapus
  28. Ibu saya sakit syaraf tulang belakang umur 71 tahun dan buat jalan saja sangat sakit apakah bisa di betul kan tulang belakang yah pak mohon info nya sudah ke dokter tetapi banyak obat yg di konsumsi tetapi tidak ada perubahan sama sekali

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Sy sejak th 2008 sakit dan pegal di bag leher kanan kiri, skrg mlh mnjalar ke tangan kanan hingga pergelangan tangan, bag dada juga..
    Menurut dr saraf ktny saraf kejepit hny blm prnh MRI, cm dr hsl ronsent, apakah itu betul saraf kejepit? Trs gmn solusiny?
    Sy ingin terapi kesini, tapi dmn alamat lengkapny?
    Makasih..

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Anak saya umur 3,5th
    jatuh saat main bola sdah 1bulan tidak bisa berjalan.. sudah di urut dan dironsen hasil ny tidak apa2 mohon info apakah ini termasuk terkena saraf kejepit

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum
    Anak saya umur 3,5th
    jatuh saat main bola sdah 1bulan tidak bisa berjalan.. sudah di urut dan dironsen hasil ny tidak apa2 mohon info apakah ini termasuk terkena saraf kejepit

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, merupakan sebuah keindahan saling berbagi dan berpendapat dengan sesama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel