Translate

Sunday, April 14, 2013

Pengobatan Sakit Punggung


     Nyeri Punggung atau back Pain yang di bahas dalam artikel ini  adalah suatu nyeri punggung yang memiliki derajat nyeri  tinggi sehingga bisa menggangu aktifitas gerak dan postur tubuh. Sebelum membahas tentang Pengobatan sakit punggung , saya akan mengulas Struktur tulang belakang, penyebab sakit punggung dan bagaimana cara pengobatan sakit punggung.

     Punggung  tersusun oleh ruas tulang belakang (vertebrae) yang berjumlah 33 , Masing-masing tulang belakang dipisahkan  oleh bantalan tulang rawan atau disk. Seluruh struktur tulang belakang  ini membentuk tiga buah lengkung alamiah. Lengkung paling atas disebut dengan cervical (leher) lalu toraks (punggung tengah) dan yang terbawah yaitu lumbar (punggung bawah). Lengkung lumbar ini  menampung beban yang paling berat yakni menopang keseluruhan tulang belakang.

     Bantalan Tulang belakang (disk) yang berada di antara vertebrae berfungsi meredam dan menahan goncangan sehingga memungkinkan tulang belakang dapat bergerak dengan lentur dan tidak menimbulkan bunyi ketika punggung bergerak. Sering Kita tidak menyadari saat kita sedang duduk atau berdiri atau bahkan sedang berbaring, kita sedang mempekerjakan tulang belakang kita, menopang berat tubuh, jadi tulang punggung bekerja nonstop 24 jam. Mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seringkali kita lupa memberinya perhatian. postur tubuh yang buruk , aktifitas pekerjaan  , kegemukan (obesitas) dan olah raga yang kurang benar , bisa mengakibatkan nyeri punggung.

      Menurut penelitian 8 dari 10 orang mengalami sakit punggung dalam hidupnya dan wanita paling banyak mengalami resiko nyeri punggung ini ,penyebabnya bisa karena postur tubuh yang kurang baik, kegemukan,  kehamilan sampai melahirkan dan aktivitas menggendong anak.

Penyebab sakit punggung :

Penyebab sakit punggung di antaranya : Poster Tubuh yang buruk, posisi duduk yang tidak benar  tanpa  kita sadari tulang belakang condong  kedepan mengakibatkan tulang belakang melengkung tidak pada satu garis yang lurus sehingga disk mudah cidera dan  membuat posisi tulang tidak pada tempatnya (disokasi tulang ). Perlu di ketahui bahwa  tekanan paling besar pada disk (bantalan tulang)  terjadi saat  kita dalam posisi duduk kemudian dalam posisi miring  mengambil sesuatu dari lantai. Karena itu jika ingin mngambil  sesuatu berdirilah dulu baru berjongkok untuk mengambilnya.

Stress. Pekerjaan sehari hari yang menuntuk pemikiran yang tinggi bisa mengakibatkan stess yang mengakibatkan ketegangan pada otot Punggung  Dalam jangka panjang otot menjadi lemah dan kaku, otot punggung mengalami kejang atau kram.  Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani.

Kurang Pemanasan dalam Olahraga.  Kebiasaan Olahraga berlebihan  sangat beresiko mencederai diri sendiri . Olahraga high impact yang dilakukan tanpa pemanasan untuk menguatkan  dan melenturkan  tubuh  akan membuat otot-otot menjadi kaku dan tidak kuat mendukung gerakan yang dilakukan. Disarankan agar setidaknya kita melakukan pmanasan  dasar untuk penguatan dan kelenturan  tubuh 10-20 menit setiap hari agar tubuh dan otot-otot lebih siap saat kita berolahraga . 90 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan otot. Otot yang lemah, terutama pada bagian perut, tentu tidak mampu menopang punggung secara maksimal.
Merokok dan kurang tidur. Kebiasaan buruk ini bisa mengakibatkan disk memburuk dengan cepat. Perlu di ketahui disk atau bantalan tulang belakang tidak memiliki pembuluh darah sehingga disk tidak cukup mendapatkan nutrisi. Tidur teratur setidaknya 8 jam tiap hari dan meninggalkan kebiasaan merokok dapat membuat disk cukup  akan nutrisi dan  disk terjaga kesehatanya.

Menggendong anak. Kaum Ibu sering mengalami sakit punggung di sebabkan oleh factor ini, menggendong anak . Terlebih jika berat anak cukup besar akan mengakibatkan tekanan terhadap tulang punggung menjadi besar.

Tempat tidur. Tempat tidur yang tebal dan terlalu Empuk membuat tulang punggung menjadi melengkung, bagi yang sedang mengalami sakit tulang punggung di sarankan untuk tidur memakai alas yang rata seperti matras atau karpet.

Osteoarthritis. Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulangbaru  yang menimbulkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik biasanya dapat meredakannya.

Pengobatan sakit punggung.

Penanganan nyeri punggung akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan pasien. Tergantung pada penyebab rasa sakit Anda, pengobatan dapat mencakup satu atau lebih hal berikut:

    Obat Dalam banyak kasus, pasien yang diresepkan pengobatan sebelum menerima bentuk-bentuk lain dari terapi. mencakup:

    Penghilang rasa sakit non-aspirin Obat-obatan ini, meringankan nyeri ringan dan kadang-kadang dikombinasikan dengan obat lain untuk memberikan pereda nyeri yang lebih besar.
   
    Antidepresan . Awalnya dirancang untuk mengobati depresi , obat ini dapat berguna untuk menghilangkan tertentu jenis nyeri. Antidepresan juga dapat membuat tidur, yang dapat menjadi sulit ketika Anda kesakitan.

Pengobatan lain mungkin lebih efektif daripada obat-obatan, dan pengobatan mungkin lebih efektif bila dikombinasikan dengan perawatan di totok syaraf.

Terapi fisik Sakit Punggung meliputi :

Stimulasi Listrik . Bentuk yang paling umum dari stimulasi listrik yang digunakan dalam manajemen nyeri saraf stimulasi listrik transkutan (TENS) dioperasikan perangkat untuk merangsang serat saraf melalui kulit.

    Akupunktur Praktek Cina kuno melibatkan memasukkan jarum yang sangat tipis pada titik tertentu pada kulit untuk menghilangkan rasa sakit.

    Stimulator KWD .Alat terapi yang berfungsi sebagai stimulator pada pangkal jarum akupunktur sehingga menghasilkan berbagai jenis getaran rangsangan yang bertujuan untuk menstimulasi titik akupunktur/ acupoint.

Chiropractic  adalah perawatan terapi alternatif yang sangat umum untuk nyeri kronis dan dapat membantu untuk mengobati sakit punggung , terapis chiropractic menggunakan penyesuaian tulang belakang dengan tujuan meningkatkan mobilitas antara tulang belakang. Penyesuaian tersebut untuk membantu mengembalikan tulang ke posisi yang lebih normal, membantu gerak juga menghilangkan atau mengurangi rasa sakit.

Obat sakit punggung alami :
    Meskipun nyeri adalah sensasi fisik, banyak orang menderita sakit emosional dengan perasaan marah, sedih, dan putus asa. Berurusan dengan nyeri tak henti-hentinya dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk memegang pekerjaan, memelihara rumah, memenuhi kewajiban keluarga, dan berhubungan dengan teman dan anggota keluarga. Dukungan psikologis, bersama dengan pengobatan medis, dapat membantu Anda mengelola kondisi Anda.

    Teknik relaksasi. Selain konseling, kesehatan mental profesional dapat mengajarkan Anda teknik self-help seperti pelatihan relaksasi atau biofeedback untuk mengurangi stres dan meredakan nyeri.
Tips Atasi dan mencegah Nyeri Punggung

     Kuatkan otot perut Perkuat otot-otot di sekitar batang tubuh (core) dengan latihan yang tepat. Caranya, berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan punggung rata di lantai. Kempiskan perut hingga punggung sedikit terangkat dan otot perut berkontraksi. Lakukan sampai tiga set dengan pengulangan 12 kali.

     Miliki postur tubuh yang baik Bila pekerjaan mengharuskan Anda duduk lebih dari 5 jam setiap hari, pastikan Anda duduk tegak di sandaran kursi. Bila perlu, tambahkan bantal kecil untuk menyangga punggung. Kedua kaki sebaiknya berada di lantai, bukan disilangkan. 

     Tak banyak orang yang menyadari bahwa tas yang mereka bawa setiap hari merupakan salah satu pemicu sakit punggung. Bila berat tas yang Anda bawa setiap hari lebih dari 10 persen berat badan Anda, itu berarti bebannya terlalu berat. Untuk mencegah sakit punggung, peringan bawaan Anda.
Jauhi stress, belajarlah bersikap rileks dan sejenak menjauhi rutinitas.

Mempelajari cara mengangkat beban, berdiri, duduk dan berbaring dengan benar.

Olahraga teratur, bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot-otot dan sendi punggung.

Jalani gaya hidup sehat, dengan belajar mengatasi stress dan menjaga berat badan seimbang

Menghindari olah raga “keras” seperti sepak bola, rugby, hoki, gulat, dan permainan fisik lainnya

Meningkatkan kelenturan punggung melalui latihan peregangan yang teratur

Fisioterapi dan latihan untuk memperkuat otot punggung

Reaksi:

12 comments:

  1. wah nice info nih gan, temen ane banyak juga yang sakit saraf terjepit, ternyata penyakit saraf terjepit bisa juga di karenakan olah raga yang berat ya gan... kalau pengoatan dengan chiropractic itu isa gan gan untuk pengobatan saraf terjepit ...?

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus, sukses selalu...

    ReplyDelete
  3. nice info, supaya tidak terkena sakit pinggang, jadi kita harus jaga pola hidup kita seperti banyak istirahat dan tidak mengangkat beban berat ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, melatih otot pinggul dengan senam dan renang juga bisa menghindari sakit syaraf terjepit

      Delete
  4. ko ga ada list trifnya ya...???

    ReplyDelete
  5. selamat malam om
    saya mau bertanya'ada teman saya kakinya mati rasa dan tidak bisa jalan
    pertamanya dia bisa jalan,karna pinggangnya sering sakit dan di operasi langsung,setelah di operasi kakinya tidak bisa jalan dan mati rasa,tapi sebelum di operasi dokter itu blng pasien ini bisa buta atau bisa juga tidak bisa jalan.

    jadi gimana solusinya itu om??
    biar dia bisa jalan sedia kala??

    mohon informasi pengeobatannya om

    trimaksih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit syaraf kejepit jika di bawa ke medis memang solusinya ada dua pertama operasi yang ke dua fisioterapi, namun jika sakitnya sudah tidak bisa di tahan lagi biasanya dokter menganjurkan untuk operasi, cerita anda jika pasien bisa buta hal itu tidak benar, karena sakit syaraf terjepitnya di pinggang. tidak ada hubungannya dengan syaraf mata.

      Delete
  6. berapa biaya untuk berobat ketempat anda??

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...