Penyakit HNP | mengenal lebih jauh syaraf terjepit



Apa syaraf  kejepit itu

Syaraf terjepit di sebabkan oleh tergesernya  tulang belakang, ke arah kiri atau kanan dan akan langsung menekan saraf paravertebral. Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat karena tulang belakang yang bergeser ini akan menekan jaringan syaraf pusat. Umumnya terjadi karena trauma atau benturan.

Syaraf terjepit lain nya di sebabkan oleh  keluarnya nucleus pulposus  dari discus melalui robekan annulus fibrosus keluar menekan medullas pinalis atau mengarah ke dorsolateral menekan saraf spinalis sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Orang sering menyebutnya Hernia Nucleus Pulposus (HNP).  

Tulang punggung merupakan sederetan ruang  tulang  yang di hubungkan oleh suatu bantalan berfungsi sebagai peredam getaran  dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur. Bantalan tulang belakang (disc) berisi inti yang di sebut dengan nucleus pulposus  dan pembungkusnya di sebut dengan annulus fibrosus. Karena suatu sebab nucleus pulposus  keluar merobek annulus fibrosus dan menekan syaraf menimbulkan rasa nyeri yang hebat.

Masih bingung tentang HNP ini? 
Saya akan lampirkan beberapa gambar di bawah ini
   




dua gambar di atas adalah struktur tulang yang sehat dan dua gambar di bawah adalah gambar penyebab terjadinya  HNP

Apakah bisa di obati?

Bisa iya bisa tidak. untuk itu Ketahui dulu penyebab syaraf kejepit yang anda derita

  • Pertama
Akibat trauma benturan

Ini bisa terjadi akibat terjatuh, kecelakaan, atau pukulan. Tekanan akibat terjatuh tersebut mengakibatkan tulang belakang menjadi dislokasi. Sebelum anda mengalami kecelakaan, tubuh anda sehat dan tidak ada keluhan syaraf kejepit, karena kecelakaan  anda menderita syaraf kejepit. 

Mungkin tindakan pertama,  anda mendatangi ahli pijat, tubuh anda di urut terasa lebih baik namun beberapa minggu  kemudian tubuh anda mengalami perubahan, badan terasa kaku, ujung jari terasa kesemutan, sering masuk angin, sakit kepala sebelah, cepat letih dan nafas terasa sengal, ahli  pijat umumnya mengurut urat atau otot, tapi jarang yang memahami tentang tulang belakang, biasanya di urut otot yang sakit, tapi masalahnya sebenarnya ada di tulang yang mengalami dislokasi sehingga menekan syaraf.

Factor pertama ini sangat efektif dan efisen di obati dengan chiropractic, Tindakan chiropractic bisa dramatis cepat dan efisien, apa lagi jika dislokasi tulang belakang berada di cervical vertebrata dan  thpracit vertebra ( C1-C7 dan T1-T12 )
di ceritakan dr. Palmer kedatangan seorang pasien yang mengeluh pendengarannya tuli  dikarenakan cedera leher akibat terjatuh. Setelah di periksa dr. Palmer menemukan adanya benjolan pada tulang belakang pasiennya, dia pun mencoba untuk memperbaiki posisi ruas belakang sang pasien.
Setelah mendapat perawatan chiropractic sang pasien mengaku bisa mendengar secara normal kembali, mulai saat itulah pengobatan chiropractic mulai dipakai dalam ilmu penyembuhan penyakit.

Saya pernah mengobati pasien yang menderita vertigo selama 28 tahun, bayangkan. Peristiwanya  ketika ibu ini masih remaja saat usianya 10 tahun, ketika tidur, adiknya menendang kepalanya, mungkin bercanda, sejak peristiwa itu, ibu ini sering mengalami sakit kepala, sampai ia dewasa, menikah dan punya dua orang anak, sakit kepala ini tidak pernah sembuh, ketika saya periksa tulang lehernya geser, seperti hurup S, kemudian lehernya saya tarik dengan teknik chiropractic, leher ibu ini kembali normal dan keluhan pusing yang ibu ini alami menjadi sembuh, hanya dalam jangka waktu 5 menit. 



  • Ke dua
karena Gaya hidup.

Termasuk merokok, berat badan yang berlebih, melakukan gerakan statis seperti duduk yang terlalu lama, melakukan pekerjaan berat terus menerus,dsb
Ciri-cirinya  anda tidak pernah  terjatuh, tidak pernah mengalami kecelakan, tapi tiba tiba pungung belakang anda mengalami rasa sakit yang luar bisa, sebelum anda terkena HNP biasanya pinggang anda sering kaku, kaki sering kram kesemutan terutama selepas bangun dari tidur, HNP dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kelumpuhan, kaki mengecil dan panjang sebelah. Bukan kaki anda yang panjang sebelah namun tulang belakang anda menjadi miring, pinggul juga ikut miring, ketika anda berbaring akan terlihat kaki anda panjang sebelah.





  
Kenapa bisa terjadi hal seperti ini?
Tubuh manusia di rancang untuk bergerak, sebagai eksistensi untuk bertahan hidup.  Jaman dulu manusia mencari makan dari alam, berburu atau memetik buah dari pohon ataupun bercocok tanam, manusia jaman dulu harus kuat fisik untuk bisa bertahan hidup, namun jaman modern ini manusia bisa mencari makan hanya dengan duduk.

Gerakan statis seperti berdiri kemudian duduk atau berbaring ke tiga gerakan statis ini  yang sering kita lakukan dari kecil, membuat otot menjadi kaku, ketika kita duduk tanpa sadar kepala di condongkan ke depan, tulang pinggul menahan berat tubuh atas dan tinggal waktunya tulang belakang menjadi dislokasi. Gerakan sederhana seperti mengangkat benda ringan atau membungkuk bisa mengakibatkan nyeri di tulang pungung, kita sering menyebutnya kecetit.  Pengobatan dengan cara chiropractic keberhasilanya mungkin hanya 30%, apalagi jika HNP  berada di L4-L5  atau L5-S1

Jika penyakit HNP di L4- L5 dan L5-S1 dengan cara  chiropractic kesembuhanya 30% maka perlu tindakan selanjutnya selain chiropractic agar HNP yang anda derita menjadi sembuh yakni SENAM. Kegiatan senam bisa juga mengobati HNP keberhasilanya bisa mencapai 30%, renang adalah bagian dari senam, jadi  anda bisa memadukan dua tindakan yakni chiropractic dan senam, tingkat keberhasilannya mencapai 60%, dan 40% sisanya adalah tindakan operasi. 

Anda tidak percaya senam bisa  menyembuhkan HNP ?  

Dokter selalu menganjurkan penderita HNP  untuk berenang jika pasien memilih untuk tidak di operasi  dan banyak kasus penderita HNP sembuh dengan renang dan mengikuti senam yoga.

Orang menyepelekan tentang senam, mind set nya sudah terprogram jika saya sakit saya minta di obati dan saya mengharapkan kesembuhan, tidak bisa seperti itu, Penyakit HNP  L4-L5 dan L5-S1 berbeda dengan penyakit lain, perlu tindakan aktif dari diri sendiri untuk pengobatanya. 
Nantinya anda akan berwisata terapi, kemana saja akan anda cicipi, katanya tabib ini bisa mengobati syaraf kejepit anda datangi, katanya di sana ahli mengobati syaraf kejepit anda datangi, anda  pergi ke ahli chiropractic juga tidak sembuh,  teknik pengobatan seperti bekam, terapi lintah, pijat reflexi, akupungtur, terapi listrik anda cicipi, minuman herbal ratusan ribu anda beli, anda tidak bisa sembuh hanya dengan minum. 

minum apa pun dengan ramuan apa pun tidak bisa mengobati HNP, tindakan minum  cairan atau nutrisi atau bahan kimia tersebut akan terserap oleh tubuh dan sisa nya akan di buang menjadi kotoran, namun HNP di sebabkan oleh syaraf yang terjepit / tergencet oleh tulang dan nucleus pulposus yang menonjol keluar sehingga menekan syaraf jadi masalahnya ada pada tulang dan bantalan, mustahil aktifitas minum akan menggeserkan tulang belakang anda, atau mengembalikan bantalan hingga masuk kembali ke dalam. 
jadi yang perlu di otak atik adalah tulang belakang, kedua  otot yang kaku hanya bisa lentur dan elastic  dengan gerakan senam, anda tidak percaya?

perhatikan gambar di bawah ini.

Coba anda tiru dan lakukan gerakan sederhana tersebut. 
Sudah belum? Jika belum, Stop membaca artilel ini dan luangkan 5 menit untuk meniru gerakan di atas. 
Masih belum? Kok belum, beda loh antara memahami dan mengalami sendiri, oke mungkin anda malas untuk berdiri coba gerakan duduk. 

Perhatikan gambar di bawah ini…                  
    

 



Sudah ? jika masih belum melakukan gerakan tersebut maka, Stop membaca tulisan saya dan coba dengan sungguh-sungguh  melakukan gerakan di atas..

Apa yang anda rasakan  ketika anda melakukan 3 gerakan senam tersebut? Otot otot pinggang seperti tertarik bukan? Efek tertarik otot ini hanya bisa di lakukan dengan senam, pijat itu ada dua jenis yakni pijat ekternal yakni pijat urut tekan yang di lakukan oleh orang lain, ke dua pijat internal yakni gerakan senam yang akan memijat otot otot dalam.

Ada beberapa kasus di mana orang yang menderita HNP sembuh dengan berenang, tapi masalahnya adalah jika anda gemuk, berat anda  lebih dari  100kg atau tempat berenang di kota anda jauh letaknya atau kolam renang yang tersedia berada di kawasan wisata,  berenang harus di lakukan rutin setidaknya seminggu 3 x agar otot anda menjadi elastis. Namun anda bisa melakukan senam di mana pun dengan biaya gratis.  Senam adalah solusi yang tepat, murah dan bisa di lakukan di mana saja, di rumah sehabis sholat juga bisa, modalnya hanya satu rajin atau malas.

Jadi HNP di L4-L5 atau L5-S1 Pengobatan terbaik adalah dengan memadukan pengobatan chiropractic dan Senam. kedua hal ini tidak bisa di pisahkan, jika hanya salah satu, anda hanya passif, maunya Cuma di obati oleh orang lain, ya siap siap anda berwisata terapi, atau hanya senam saja ya butuh waktu yang lama.

Mengenai tindakan Operasi, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
Pertama, Konsultasikan lah jangan hanya satu dokter di satu rumah sakit saja,  anda bisa berkonsultasi  dengan beberapa dokter atau beberapa rumah sakit yang berkompeten kenapa? Karena anda berhak untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya selengkap-lengkapnya, ada ungkapan dua kepala lebih baik dari pada satu kepala,  untuk itu carilah dokter atau rumah sakit yang terbaik di kota anda.

Kedua, jika anda memiliki biaya atau asuransi yang anda ikuti mengcover biaya operasi keluar negeri, maka lakukan opesai di luar negri.  kanapa? Karena tubuh anda berhak untuk mendapatkan perawatan yang terbaik, ada ungkapan uang bisa di cari, kesehatan itu nomer satu, kebahagiaan tidak bisa di gantikan dengan materi.

Ketiga,  tanyakanlah pertanyaan ini  “tindakan OPERASI seperti apa PERSIS nya yang akan di lakukan pada tubuh saya”  kenapa? jangan sampai tubuh anda sudah di operasi namun anda tidak mengetahui  operasi apa yang telah anda terima. Ada beberapa tindakan yang mungkin di lakukan oleh rumah sakit.


Ada beberapa orang yang menelepon saya dan mengatakan bahwa dia sudah menjalani opersi namun nyeri di tubuhnya  masih terasa, jika sudah begini saya tidak mau menerapi orang tersebut karena tindakan paska operasi semestinya di konsultasikan ke pada rumah sakit atau doker yang merawat anda.


 

22 Komentar untuk "Penyakit HNP | mengenal lebih jauh syaraf terjepit"

  1. The perfect The Best For your personal Home Show System

    Here is my blog: casino euro

    BalasHapus
  2. Sudden Jx 9660 Computer printer - Green living With That Compatible
    Sudden Toner

    Have a look at my homepage video to mp3

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya, krn sy penderita hnp L5

    BalasHapus
  5. bagaimana pengobatan utk saraf kejepit akibat kecelakaan ??semua badan tidak dapat bergerak???

    BalasHapus
  6. Saya fraktur kompresi di t12, bagaimana pengobatannya

    BalasHapus
  7. saya mengalami urat yang nampak selama 10tahun dan sekarang sudah sedikit baikan ketika konsultasi ke shigshe namun tetap kaki sebelah terlihat kecil sekali dari bagian pinggul mulai menipis , beda dengan satunya yang ketat pahanya maupun pinggul. tolong solusi ato sarannya, terima kasih ..

    BalasHapus
  8. dian (diankuna@yahoo.com)18 Maret 2015 pukul 01.27

    Mohon saran untuk saya sudah sebelas tahun menderita L4L5. Tidak pernah oprasi

    BalasHapus
  9. Kaki dan tangan sebelah kiri sdh 4 bulan nyeri, kesemutan dan tebal spt mati rasa, lama2 kaki sebelah kiri mengecil, sdh ke dokter syaraf tp sampai saat ini blm ada kemajuan, sy harus gimana dok????

    BalasHapus
  10. Kaki dan tangan sebelah kiri sdh 4 bulan nyeri, kesemutan dan tebal spt mati rasa, lama2 kaki sebelah kiri mengecil, sdh ke dokter syaraf tp sampai saat ini blm ada kemajuan, sy harus gimana dok????

    BalasHapus
  11. mas...
    mohon materi tentang senam HNPnya diperbanyak,,,misal gerakan senamnya serta berpaa kali dalam seminggu
    trimakasih infonya mas, sangat membantu

    BalasHapus
  12. Sangat bermanfaat informasi ini. Terimakasih!

    BalasHapus
  13. sangat berguna ini artikel pak

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. jaga kelenturan otot, syaraf2 halus dengan daun Mangga,dan buah majakane",...buah majakane di kukus satu buah ditelan dengan pisang, daun Mangga+ pegagan,sambiloto. direbus" lalu diminum,anti nyeri nya pakai sambiloto"..mohon dicoba dahulu"

    BalasHapus
  17. Bagaimana untuk penderita L5 S1 yang sudah tidak bisa berdiri dan duduk lagi apakah ada contoh senam sambil tidur terimakasih

    BalasHapus
  18. Sekedar info..
    Sekarang di Indonesia sudah ada alat utk terapi di air/hidroterapi utk saraf kejepit/HNP, dll, bahkan utk yg tidak bisa berenang sekalipun. Cek disini http://water-jogging-belt.blogspot.co.id/2017/06/pengobatan-saraf-kejepit-yang-aman.html

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, merupakan sebuah keindahan saling berbagi dan berpendapat dengan sesama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel