Senam Untuk Mengatasi Sakit Punggung




Anda sedang mengalami sakit pinggang? bagaimana mengobati sakit pinggang? cara yang baik sebagai obat sakit pinggang secara alami adalah dengan olah raga yang benar.
senam yang di uraikan ini dapat juga mencegah nyeri punggung. Cobalah latihan dasar  senam peregangan ini yang bermanfaat untuk memperkuat punggung dan otot-otot serta jaringan pendukung tulang. Ulangi setiap latihan beberapa kali, gerakan di lakukan senyaman mungkin  kemudian tingkatkan  jumlah pengulangan dalam  latihan senam ini, hasilnya akan lebih mudah. Jika Anda pernah sakit punggung atau memiliki kondisi kesehatan lainnya, seperti osteoporosis, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan latihan ini.

Gerakan Pertama


Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda rata di lantai (A). Menggunakan kedua tangan, menarik satu lutut dan tekan ke dada (B). Tahan selama 15 sampai 30 detik. Kembali ke posisi awal (A) dan ulangi dengan kaki yang berlawanan (C). Kembali ke posisi awal dan kemudian ulangi dengan kedua kaki pada waktu yang sama (D). Ulangi setiap peregangan dua sampai tiga kali - sebaiknya sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

 Gerakan kedua

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda rata di lantai (A). Menjaga bahu Anda lurus  pada lantai, kemudian arahkan lutut yang ditekuk tersebut ke satu sisi kiri/kanan(B). Tahan selama lima sampai 10 detik. Kembali ke posisi awal (C). Ulangi pada sisi yang berlawanan (D). Ulangi setiap peregangan dua sampai tiga kali - sebaiknya dilakukan di pagi hari atau di malam hari.

 Gerakan ketiga

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda rata di lantai (A). Naikan dan lengkungkan Tulang punggung Anda ( lumbal) sehingga tulang kemaluan Anda merasa seperti ada tekanan (perenggangan)  (B). Tahan selama lima detik dan kemudian rileks. Ratakan punggung, kemudian tarik tulang punggung anda ke bawah  lantai, angkat sedikit tulang kemaluan Anda keatas  ke arah kepala (C). Tahan selama lima detik dan kemudian rileks. Ulangi. Mulailah dengan lima kali pengulangan setiap hari dan secara bertahap di tambah sampai 30 kali.

Gerakan KeEmpat

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda rata di lantai (A). Menjaga bahu dan kepala santai di lantai, kencangkan perut dan glutealis otot anda (Bokong). Kemudian angkat pinggul Anda membentuk garis lurus dari lutut ke bahu Anda (B). Cobalah untuk menahan posisi tersebut cukup lama atau anda bisa melakukan tiga napas dalam-dalam, setelah itu  Kembali ke posisi awal (C). Ulangi. Mulailah dengan lima kali pengulangan setiap hari dan secara bertahap sampai 30 kali.


 Gerakan ke lima


obat alami sakit pinggang

Tangan dan kaki pada posisi (A) (posisi animal). Perlahan-lahan turunkan punggung dan perut turun ke lantai (B). Kemudian perlahan-lahan naikan punggung anda melengkungkan ke atas (C). Kembali ke posisi awal (A). Ulangi lima sampai sepuluh kali gerakan.

Gerakan senam di bawah ini juga sangat baik untuk mengobati sakit pinggang, terutama sakit pinggang bagian bawah.


senam untuk sakit pinggang bagian bawah




Tips umum dalam melakukan Senam Untuk mengobati sakit pinggang
  • Kenakan pakaian yang nyaman yang tidak terlalu mengikat
  • Gerakan peregangan harus nyaman tanpa rasa sakit , tidak memaksa tubuh ke posisi sulit
  • Pindah ke posisi selanjutnya perlahan dan menghindari gerakan cepat yang bisa mencederai otot.
  • Tahan di posisi gerakan  selama (20-30 detik) supaya  otot atau sendi menjadi kuat dan lentur
  • Ulangi peregangan, umumnya 5-10 kali





7 Komentar untuk "Senam Untuk Mengatasi Sakit Punggung"

  1. makasih sharnya dok .... ini bagusnya di lakukan pagi apa sore dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. senam ini di lakukan senyaman mungkin dan dapat di lakukan saat pagi hari sebelum beraktifitas, lakukan gerakan tersebut beberapa kali, lama senam antara 10-20 menit dan bisa di tambahkan waktunya agar otot pinggang elastis dan terhindar dari sakit pinggang...

      Hapus
    2. jika saraf kejepit bisakah senam ini??ko sapa mencoba sakitnya tambah parah??

      Hapus
  2. Assalamualaikum...., sy di makassar, hnp l4-l5 dan l5-s1, keluhan di kaki kiri, kaki kiri tertarik jika rukuk, tdk kuat berdiri lama, apakah dgn senam tersebut bisa menyembuhkan ?, terimakasih...

    BalasHapus
  3. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    BalasHapus
  4. setiap pagi bangun tidur pinggang ku rasanya nyeri dan kaku 😣
    jadi kalau pagi bukannya fresh tapi malah badan rasanya sakit semua

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, merupakan sebuah keindahan saling berbagi dan berpendapat dengan sesama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel