Home » , » Mengenal GERD, Penyakit yang sering di kira maag

Mengenal GERD, Penyakit yang sering di kira maag

Apa itu Gerd

Umumnya penyakit yang berkaitan dengan asam lambung selalu dikira sebagai penyakit maag. Gastro Esophageal Reflux Disesase (GERD) kerap disamakan dengan sakit maag, padahal keduanya berbeda. Dalam kasus GERD, asam lambung dengan derajat keasaman yang sangat tinggi, keluar dari lambung menuju kerongkongan (reflux).
Penderita penyakit ini seringkali mengeluhkan rasa perih yang hebat di lambung dan ulu hatinya, diikuti dengan rasa mual dan heartbun (dada terasa panas seperti terbakar), sulit menelan, radang tenggorokan, sendawa, muntah, mual, dan rasa asam atau pahit di mulut. Perlu di ketahui aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagitis. Jika terlambat ditangani GERD  bisa mengakibatkan kanker kerongkongan atau kanker lambung.  Belum banyak orang Indonesia yang mengetahui tentang penyakit GERD. Dr Mary Josephine dari PT AstraZeneca Indonesia mengatakan, dibandingkan dengan negara lain di Asia, Filipina 17 persen dan Taiwan 13 persen, maka hanya sekitar satu persen penduduk Indonesia yang mengenal apa itu GERD walaupun mereka sebenarnya telah menderita GERD selama bertahun-tahun.

Penyebab GERD

GERD sendiri disebabkan oleh disfungsi LES (Lower esophageal sphincter). Normalnya, cincin otot ini berfungsi dalam membuka maupun menutup pintu lambung agar ketika makanan sudah masuk ke dalam lambung, makanan tersebut tidak kembali ke kerongkongan. Namun, pada penderita GERD, fungsi ini tidak berjalan dengan baik.
Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh asupan dan kebiasaan makan seseorang. Makan makanan pedas, gorengan, makan berat di malam hari, segera berbaring atau membungkuk setelah makan bisa memicu GERD.
Di sisi lain, merokok, konsumsi alkohol, kopi, stress, obesitas juga disebut sebagai penyebab utama kondisi ini. Kopi meningkatkan asam lambung, begitu juga stress. Jika ada sesuatu yang tidak beres di otak, maka otak memerintah lambung untuk memproduksi asam lambung. GERD juga umum terjadi pada wanita hamil karena terjadinya peningkatan ukuran rahim dan berat badan sehingga memberi tekanan pada perut. Perubahan hormon dalam tubuh juga dapat menyebabkan GERD

(penyakit GERD dan penyakit maag akut adalah salah satu penyakit yang di tangani oleh Hendrawan totok syaraf dengan memadukan disiplin ilmu dry cupping, koreksi tulang dan akupunktur, hasil yang di peroleh signifikan perkembangannya, umumnya obat obat dokter di tujukan untuk meredakan rasa nyeri atau obat sementara untuk GERD dan penderita GERD biasanya sudah mengalami penyakit ini tahunan tanpa solusi permanan terhadap kesehatannya )

Seringkali pada kasus GERD ini, pasien sudah sembuh, tetapi masalah psikosomatisnya masih menyertai, pada hal ini kita harus dapat mengaktifasi hormonal dan neurotransmiter secara beriringan. hal ini sangat berbeda pada kasus daya imun, sebagai contoh pada kasus Myasthenia gravis,..

Salah satu penyebab unfungsional dari LES adalah tidak tersampaikannya "informasi" dan "perintah" baik langsung ataupun tidak langsung oleh beberapa syaraf simpatik dan parasimatis dalam kinerja neurotransmitternya... 

selain jantung yang "bedebar" saya sering temukan kasus GERD ini, tanpa disertai radang lambung, ataupun kelainan lambung, karen setelah di endoskopi hasilnya tetap bagus, hanya disertai serangan psikosomatis (anxie) yang sangat hebat. hal ini kita bisa aktifasi dengan tehnik DRY CUPPING dan hasilnya cukup signifikan, dalam 3bulan , rasa cemasnya sudah hilang, sesak napas, detak jantung yang kenceng (walau bukan sakit jantung, menurut tes EKG, dan bukan aritmia), sudah tidak terasa lagi.( Teguh Gunawan)

Dalam artikel ini :
  • Apa itu gerd.
  • Gerd berbeda dengan penyakit maag
  • Masyarakat indonesia jarang mengenal penyakit Gerd
  • Penyebab gerd
  • Makanan yang dapat memimbulkan penyakit gerd
code token :  4e5e8e41badec09c8173996f30258ed2c2b8928ca4d058565fd83282cfb905be29862963e42f1332
http://www.freerankdirectory.com/blogs_diaries/technology/ Freerankdirectory.com

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Jempol

Jempol

Jempol

Jempol

Suasana klinik

Entri Populer

Tahukah anda

Tahukah anda

Tahukah anda:

Tahukah anda:

statistik

  • Posts
  • Comments
  • 981.419 Pageviews

Pengikut

Statistik

 statistik Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo
TopBlogIndonesia.com