Penyakit HNP | Saraf terjepit


Ada Pengalaman menarik di Klinik Totok syaraf, jam 8 malam saya di telpon dari seseorang , sebut saja pak Heru dari  Solo jawa tengah,, kebetulan Pak Heru sedang menjalankan Tugas dari kantor selama 3 hari di Jakarta. Pak Heru sebelumnya pernah mengalami sakit di pinggang. pernah melakukan terapi seperti fisioterapi ataupun pijat tradisioanal. Sakit di pinggang berangsur mereda, itu kejadian 2 tahun yang lalu ucap pak Heru. Di ujung telpon pak Heru Ingin bertemu saya. Sudah jam 8 malam pak,, bagaimana kalau besok saja? Pak heru bilang Tolong pak hendrawan Pinggang saya sakit sekali , dulu saya pernah sakit seperti ini dan kumat lagi, kali ini kejadiannya saya sedang mengambil handuk yang jatuh,  saya bungkuk kemudian saya berdiri, tiba tiba pungung jadi sakit sekali...saya tidak bisa berdiri pak, padahal besok saya sudah selesai tugas dan harus balik ke Solo... Jam 9 malam Pak Heru sampai di Tempat saya, kemudian saya terapi akupunktur dengan KWD dan TDP agar punggung terasa nyaman, setelah itu saya adjustment tulang belakang dengan teknik Chiropractic beberapa menit dan terakhir terapi Gravitasi dan traksi tulang belakang...Kondisi pak Heru mulai membaik,, kenapa pinggang sakit sekali ya pak hendrawan , padahal saya hanya  bungkuk saja, apakah ini gara gara saya salah pijat ? maksut pak heru bagaimana? sebelum berangkat ke Jakarta saya di pijat oleh orang kampung  pak, maksudnya supaya badan enakan ,...
Hmmmm.. pak Heru, sakit bapak kemungkinan besar di karenakan HNP atau Hernia nukleus pulposus, dan 80% Nyeri pinggang bawah  tanpa penjelasan di sebabkan oleh HNP, masyarakat menyebutnya saraf terjepit atau kecetit. Tapi permasalahnnya bukan pada saat bapak di pijat tradisional di kampung bapak atau pada saat bungkuk, berapa banyak  orang melakukan aktifitas membungkuk dan hanya beberapa orang saja yang mengalami kejadian seperti Pak Heru?  HNP itu Bantalan antara tulang belakang yang keluar dan menghimpit syaraf, dan ini di sebabkan oleh banyak faktor  seperti berat badan bapak , atau aktifitas statis yang di ulang seperti duduk atau berdiri yang terlalu lama, atau karena terjatuh. Bantalan tulang belakang terdiri dari Annulus fibrosus yaitu lapisan luar dan Nucleus pulposus yaitu inti bantalan, annulus fibrosus ini entah karena suatu sebab robek dan saat bapak membungkuk itulah momentnya Nucleus pulposus keluar dan menghimpit saraf.jadi jangan salahkan Handuk atau tukang Pijat di kampung bapak yaa...dan satu hal lagi, HNP ini tdak bisa di obati hanya sekali terapi, saya katakan tidak bisa di obati dengan sekali terapi karena Annulus fibrosus yang robek dan Nucleus pulposus yang keluar tidak bisa dalam waktu sehari masuk ke dalam. seperti halnya luka pada kulit tidak bisa mengering dan sembuh dalam waktu sehari, itu kulit bagaimana dengan bantalan tulang? ya sama saja. jadi di sini sifatnya Terapi, jika ingin cepat sembuh silahkan Operasi tidak ada cara lain yang cepat untuk penyakit HNP kecuali operasi, jika takut operasi yaa harus terapi, renang di sebut sebut bisa mengobati HNP, namun renang dalam hal ini harus menjadi kegiatan rutinitas, bukan satu dua kali cupluk cipluk di dalam air  kemudian mengharapkan sembuh. dalam banyak kasus 6 sampai 12 bulan bahkan lebih, dengan durasi waktu 2-3 kali dalam seminggu dapat membantu pengobatan penyakit HNP ini.




2 Komentar untuk "Penyakit HNP | Saraf terjepit"

  1. wah baru denger tuh kayanya tentang penyakit HNP.

    BalasHapus
  2. Tmn sayya mengidam penyakit tetsebuttt... sudah setahun lamanya ... sering mersakan skit sekali bahkan nyerinya smpai ke kaki ni bahaya atau tidak mohon solusinya?

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, merupakan sebuah keindahan saling berbagi dan berpendapat dengan sesama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel